Rabu, 23 Maret 2011

Cara Melakukan Penelitian

Mungkin kita pernah bahkan sering melakukan percobaan atau penelitian. Namun tahukah kita cara melakukan penelitian tersebut dengan baik?
Berikut adalah langkah-langkah melakukan penelitian yang baik dan benar:

1. Ketahui apa yang ingin kita amati dan fokus.

Sebelum meneliti, tentu kita harus mengetahui hal apa yang akan kita teliti. Setelah tahu, fokuskan penelitian hanya pada hal tersebut. Percobaan tidak akan berjalan baik jika kita tidak fokus karena pasti akan ada hal yang melenceng dari tujuan awal percobaan atau penelitian tersebut.

2. Membaca refrensi.
Bacalah refrensi dari buku atau pun internet yang berhubungan dengan percobaan atau penelitian yang akan kita lakukan. Hal ini dilakukan agar saat kita meneliti, kita tidak berotak "kosong" atau tidak tahu apa-apa tentang penelitian tersebut dan kita dapat mengetahui hal yang perlu atau tidak perlu kita lakukan. Perkirakan juga bahan-bahan yang kita perlukan untuk percobaan serta langkah-langkahnya.

3. Buatlah Hipotesa/hipotesis.
Perkirakan bagaimana hasil dari percobaan atau penelitian yang akan kita lakukan.

4. Lakukan percobaan!
Ikuti langkah-langkah secara berurutan. Lakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan. Ulangi percobaan agar kita lebih yakin dengan hasil yang ada.

5. Catat hasil percobaan.
Dengan mencatat, kita tidak akan lupa bagaimana hasil percobaan kita. Hasil percobaan tersebut juga dapat kita tunjukkan pada orang lain sebagai bukti fisik.

6. Bandingkan hasil dengan hipotesa.
Hal ini dilakukan agar kita mengetahui apakah hasil percobaan yang kita lakukan sama dengan hipotesa yang kita buat di awal. Lalu kita evaluasi, kira-kira mengapa bisa berbeda.

7. Simpulkan!
Dari hasil percobaan tersebut, tentu kita bisa menyimpulkan sesuatu sebagai hasil akhirnya.

SELAMAT MENCOBA :D

*nb : artikel berikut di dapat dari berbagai sumber juga ditambahkan dengan pendapat pribadi. mohon maaf bila ada kesalahan.

0 komentar: